Diklat Online, diklat guru, diklat daring, diklat pendidikan, seminbar guru, seminar online

 

Diklat Online, diklat guru, diklat daring, diklat pendidikan, seminbar guru, seminar online

Seorang guru memerintahkan siswa untuk tidak ribut pada saat ujian Nah inilah beberapa kalimat yang sering dilontarkan oleh mereka

  • “ Jangan ribut sedang ada yang ujian”
  • “ Dilarang berisik sedang ada yang ujian”
  • “ Tidak boleh ribut sedang ada ujian”

Ataupun seorang guru yang menginginkan agar siswanya  mengumpulkan tugas pada hari ini juga maka kalimat yang sering kali diucapkan

“Tugasnya mau dikumpul sekarang atau besok” dan pastinya siswa akan menjawab besok

Ataupun ketika seorang guru menegur seorang siswa yang sering kali terlambat datang ke sekolah maka kalimat yang sering kali diucapkan

“Kenapa terlambat datang” ataupun tanpa berkata apapun ia langsung memberikan hukuman tanpa mengetahui sebab keterlambatannya, maka yang terjadi bukannya memberikan solusi namun siswa mengulangi kesalahan yang sama.

Tentunya bagi seorang guru harus mengetahui bagaimana komunikasi yang efektif agar apapun yang ia perintahkan siswa akan mengikutinya, bisa jadi bukan karena siswa tidak mau melakukan apa yang diperintahkan oleh sang guru bisa jadi karena komunikasi guru yang tak bisa dipahami oleh siswa itu sendiri.

Nah inilah beberapa Tips yang bisa Anda lakukan gar siswa mau melakukan apapun yang Anda minta.

Pertama,  Perintah yang sifatnya larangan bisa diganti dengan kalimat yang lain yang intinya sama contoh guru bisanya menggunakan kalimat “ Jangan ribut sedang ada ujian” bisa diganti dengan kalimat  “mohon kalian lebih tertib karena sedang ada ujian”.

Kedua , Buatlah alasan saat Anda memberikan perintah sebagai contoh seorang guru yang memerintahkan siswanya mengerjakan PR sering kali tak memberikan alasan kenapa siswanya harus mengerjakan ,  Anda bisa menjelaskan bahwa PR yang diberikannya itu agar mereka lebih paham dengan materi yang sudah mereka pelajari di sekolah atau PR itu untuk menambah nilai tugas  mereka agar mereka lulus.

Ketiga, Gunakan kalimat pilihan yang intinya mereka mengerjakan tugas dan harus dikumpulkan pada hari yang sama, Anda menginginkan siswa mengumpulkan tugasnya pada hari ini maka kalimat yang bisa Anda gunakan “Tugas kalian mau dikumpulkan 20 menit lagi atau saat istirahat” yang intinya mereka mengumpulkannya hari ini juga.

Keempat, Gunakan perintah berlapis sebagai contoh Anda memerintahkan siswa untuk maju ke depan kelas, biasanya seorang guru menggunakan kalimat “ Kamu maju ke depan” dan perintah berlapis yang dapat Anda gunakan “ Silahkan kamu berdiri dan maju ke depan” , dengan menggunakan perintah berlapis seseorang  sulit untuk menolaknya.

Kelima, Anda bisa menggunakan kata karena untuk memperkuat apa yang Anda perintahkan, sebagai contoh seorang guru yang memberikan perintah pada siswanya untuk mengerjakan tugasnya maka Anda bisa menambahkan kata karena dalam perintah itu contoh Kerjakan tugas ini karena tugas ini akan membuat kalian lebih paham lagi.

Keenam, tambahkan kalimat yang membuat mereka lebih percaya diri bahwa mereka bisa melakukannya seperti kalimat “ Bapak yakin kamu bisa mengerjakan tugas ini dengan benar” dengan menggunakan kalimat ini tentunya akan menambah kepercayaan diri mereka dan mereka akan merasa malu ketika tidak mengerjakannya dan ada dorongan untuk mereka mengerjakan tugasnya karena mereka merasa sudah dipercaya bahwa mereka bisa.

Ketujuh, tunjukan sikap ketulusan Anda saat Anda memberikan perintah dan yakinkan pada siswa bahwa apa yang Anda perintahkan itu baik untuk mereka lakukan.

Demikianlah tujuh Tips yang dapat Anda lakukan untuk bisa membuat siswa Anda melakukan apa yang Anda perintahkan.

Salam Guru Dahsyat

Riswanto, Ch, Cht, SE, MM

Diklat Online, diklat guru, diklat daring, diklat pendidikan, seminbar guru, seminar online