Diklat online, diklat guru, diklat daring, diklat pendidikan, seminar guru, seminar online, seminar pendidikan

Kopdar merupakan rencana untuk bertemu atau tatap muka secara langsung disuatu tempat yang sudah disepakati bersama. Pada hakekatnya mayoritas orang yang melakukan Kopdar adalah mereka yang belum pernah bertemu sebelumnya dan belum saling mengenal satu sama lain . Terkadang Kopdar juga sebagai ucapan yang sering kali di gunakan oleh para sebuah klub , baik itu komunitas ataukah Club. Akan tetapi dalam konteks arti sebenarnya adalah bertemu atau berkumpul. Kopdar pertama kali dipopulerkan oleh Sys Ns dari radio Prambors jakarta dalam segment WARKOP di era 1970.

Kopi Darat adalah sebuah istilah yang mengacu kepada ajang pertemuan antar sesama pengguna yang umumnya sudah saling kenal lewat handpone atau komunikasi lewat radio dan Internet. Istilah ini awalnya populer di antara kalangan pengguna radio saja, karena telah banyaknya pengguna radio telah berkenalan di udara, namun belum saling kenal mengenal secara tatap muka. Hal ini biasanya mereka tindak lanjutkan dengan mengadakan pertemuan.

Seiring kemajuan teknologi terutama di Abad 21 sekarang ini, istilah Kopdar juga digunakan untuk sebuah seminar, workshop, atau kegiatan di beberapa event resmi lainnya, karena pertemuan dianggap sebagai tindak lanjut perkenalan yang di lanjutkan melalui internet, handpone, atau situs-situs media sosial seperti pesan instan, facebook, intagram, twiter, chatting, situs pertemanan, komunitas maya, dan lain sebagainya. Apabila diartikan menurut pemahaman para pengguna situs tersebut maka istilah Kopdar di zaman sekarang tepatnya disesuaikan dengan trend zaman sekarang.
Apa sih maksud tujuan Kopi Darat, maksud dan tujuan Kopi darat diantaranya :
1. Untuk menjalin komunikasi yang aktif, nyata, dan terbuka.
2. Untuk saling mengenal satu dengan yang lainnya antara sesama member.
3. Mempererat tali persaudaraan, rasa kekeluargaan, pertemanan, kekerabatan diantara kita.
4. Memecahkan segala bentuk permasalahan yang muncul jika ada, mencari solusi dan jalan keluar dengan rasa kekeluargaan.
5. Membuka wawasan cakrawala dalam membina hubungan antara sesama member yang aktif, pasif, baru, lama, tua, muda, pengurus member daerah maupun pusat.
6. Untuk saling membina hubungan baik dan menjaga nama baik antar sesama.

Ada berbagai macam manfaat dari Kodar atau Kopi Darat ini diantaranya Bisa saling bertukar
informasi, wawasan, pengalaman, ide dan konsep demi kemajuan bersama atas dasar kepentingan pribadi dan golongan, Bisa Membuat suasana baru untuk menghilangkan kejenuhan beraktifitas di pekerjaan dan rutinitas lain dalam kehidupan sehari-hari. Bisa menimbulkan kesan yang mendalam, sehingga akan menimbulkan keinganan berikutnya untuk bisa kumpul bareng lagi dalam suasana asik, hangat, penuh canda tawa, dan kekeluargaan. Menghilangkan Stres dan juga sebagai hiburan setelah sibuk berutinitas sehingga menimbulkan rilekssasi untuk melepas kepengatan dengan ngumpul bareng.

Setiap sesuatu hal tentu ada nilai positif dan negatifnya, maka dari itu berbagai pihak pasti ingin
sesuatu yang bersifat positif saja dan tidak menginkan sesuatu yang sifatnya negatif. Maka dari itu karena kegiatan Kopdar akan membawa diri mereka sendiri dan juga orang lain maka setiap perbedaan pandang harus di minimalisir sedini mungkin karena dampaknya pada akhirnya menjadi suatu permasalahan kelak di kemudian hari. Tapi, yang pastinya komunikasi yang aktif, nyata, dan terbuka dengan cara kita bertatap muka secara langsung dengan seseorang akan memberi nilai tambah yang berarti ketimbang kita berkomunikasi hanya dibalik handpone atau internet saja.

Maka dari itu, marilah kita bersama menjadikan Kopi Darat atau Kodar ini sebagai ajakan yang positif atau ajang silaturahim untuk bersosialisasi dalam berorganisasi karena Kopdar adalah suatu hal yang sangat berarti agar kita dapat menjadi pribadi kita sendiri sebagai orang yang berarti untuk orang lain dan orang yang ada disekitar kita. Semoga, Aamiin..

Dituli oleh : Hadiwaratama R. Jursan, S.Pd

Diklat online, diklat guru, diklat daring, diklat pendidikan, seminar guru, seminar online, seminar pendidikan